Kegiatan

Seminar 17Mei10

Program Studi Kajian Wanita PPs-UI dalam rangkaian kegiatan 20 tahun Kajian Wanita UI, sekaligus memperingati Hari Pendidikan (2 Mei) dan Hari Buku Nasional (17 Mei) menyelenggarakan seminar/diskusi di bawah ini.

PENDIDIKAN ADIL GENDER

Mengembangkan Pengetahuan Perempuan

Senin, 17 Mei 2010, pk. 14-17

KAMPUS UNIVERSITAS INDONESIA SALEMBA

Latar Belakang

Bulan Mei identik dengan Hari Pendidikan (2 Mei) dan Hari Buku Nasional (17 Mei). Pada saat yang sama, peserta didik di seluruh Indonesia baru menyelesaikan Ujian Nasional yang diwarnai dengan kontroversi karena bocornya soal ujian dan tingkat kelulusan yang rendah di beberapa daerah.

Memang masih banyak sekali persoalan yang kita hadapi dalam bidang pendidikan. Salah satunya terkait buku sebagai alat ajar, yang masih banyak menampilkan stereotipe dan ideologi gender yang menempatkan perempuan dalam posisi-posisi kurang penting. Gambaran dan narasi yang bias gender dalam buku ajar memerlukan perhatian khusus karena memengaruhi pemahaman siswa terhadap ilmu pengetahuan dan memperkuat stereotipe yang merugikan posisi perempuan. Salah satu dampak dari stereotipe adalah terjadinya konsentrasi laki-laki dan perempuan di beberapa jurusan dan jenis pekerjaan. Dengan begitu, kebijakan pendidikan perlu dipantau dan menjadi ruang gerak baru bagi semua pihak yang memperjuangkan keadilan gender di semua bidang kehidupan.

Sekolah, guru, peserta didik, serta masyarakat luas adalah sumber daya bangsa yang perlu diberdayakan dalam implementasi kebijakan pengarusutamaan gender di seluruh aspek pembangunan. Di satu sisi partisipasi pendidikan perempuan sudah baik, khususnya di tingkat pendidikan yang lebih rendah, dengan prestasi yang membanggakan. Di sisi lain, semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin besar disparitas antara peserta perempuan dan laki-laki. Juga, prestasi yang sangat baik dari peserta didik perempuan tidak berlanjut di lapangan kerja, diakibatkan oleh konstruksi gender yang masih menghambat perempuan untuk mengaktualisasikan potensi dan peran secara optimal.

Dengan latar belakang di atas, Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) Program Pascasarjana Universitas Indonesia melakukan kegiatan diskusi bertema “Membangun Pengetahuan Perempuan”.

Tujuan

Mendekatkan isu gender ke komunitas yang lebih luas, salah satunya tenaga pengajar SMA. Sebagai bagian dari penguatan kapasitas bagi alumni dan tenaga pengajar SMA. Rangkaian kegiatan 20 tahun Pps Kajian Wanita UI.

Keluaran/Output yang diharapkan

Mendapatkan pengalaman pembelajaran mengenai dampak kebijakan pendidikan yang disusun dan dilakukan pemerintah terhadap perempuan.

Memberikan pengetahuan mengenai implementasi perspektif gender kepada tenaga pengajar.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Senin, 17 Mei 2010, pk. 14:00 – 17:00 WIB

Ged. IASTH  Lt. 3, Kampus Universitas Indonesia

Jl Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat 10430

Topik dan Pembicara

Mengarusutamakan pendidikan adil gender di sekolahRatna Laelasari (konsultan gender di lembaga nasional dan internasional)

Strategi pendidikan adil gender di pesantrenLeli Nurrohmah (program officer Common Ground untuk program pesantren)

Perempuan dalam pendidikan ”maskulin” – Niken Lestari (praktisi teknologi informasi bagi perempuan)

Moderator: Arde Wisben (pekerja sosial profesional yang peduli pada keadilan gender)

Peserta

–    Guru-guru Sekolah Menengah Tingkat Atas/sederajat di wilayah Jabodetabek

–     Pemerhati pendidikan dan masyarakat umum

–     Alumni Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) Program Pascasarjana Universitas Indonesia

Konfirmasi peserta ditunggu paling lambat Rabu, 12 Mei 2010.

Informasi Teknis

– Bagi guru SMTA/sederajat yang hadir akan disediakan sertifikat dan dibagikan buku komik terbitan Program Studi Kajian Wanita PPs-UI secara gratis (1 set untuk perpustakaan sekolah, dan maksimal 2 set untuk 2 wakil sekolah). Mohon agar tidak membawa peserta didik mengingat keterbatasan ruangan

Untuk kepentingan penyiapan sertifikat dan buku komik, mohon untuk mendaftarkan diri/konfirmasi kehadiran, melalui faks ke 021-3907407

========================++++++++++++======================

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Ulang Tahun ke 20 Program Studi Kajian Wanita PPS-UI dan untuk memperingati Hari Kartini, kami akan sangat senang bila Ibu, bapak, teman-teman dapat hadir dalam peluncuran buku kumpulan tulisan Ibu Saparinah Sadli, yang akan dilaksanakan pada

Hari/Tanggal : Rabu, 21 April 2010
Jam : pk. 15.30 – 18.00
Tempat : Gramedia Matraman Lt. III.

Talk show akan membahas PEREMPUAN MUDA, BERBEDA DAN SETARA, dengan pembahas:
– Bpk. Tamrin Amal Tomagola (sosiologi/politik)
– Bpk. Fikri Jufri (media)
– Iklilah Muzzayanah DF (agama)
– Ester Lianawati (psikologi)

Dengan Moderator: Nathanael Sumampouw

Buku telah dapat dibeli di toko buku Gramedia mulai 12 April 2010.

Undangan bisa dilihat di laman ini

https://kajiangender.wordpress.com/2010/04/05/undangan-peluncuran-buku-berbeda-tetapi-setara/
========================++++++++++++======================
Kerjasama Jaker-Wadon Syndicate dalam Peringatan Hari Perempuan
T(J)INTA PEREMPUAN: REVOLUSI TANPA DARAH
Bukan darah yang diminta, melainkan sebuah ruang bagi perempuan untuk berpikir, menulis, dan bertindak

Perempuan tak pernah henti mengalami berbagai tindak kekerasan. Mulai dari yang (terkesan) lembut hingga yang paling ekstrim, yang berujung pada kematian. Dilakukan mulai dari lingkungan terdekat, orang-orang yang diharapkan dapat mencurahkan cinta dan kasih sayang, hingga negara seolah berebut menempatkan perempuan menjadi objek. Tak pernah aman dan nyaman menjadi perempuan di negeri ini.

Pengalaman perempuan harus masuk dalam setiap perjuangan, melawan dan menggugat. Perbedaan pengalaman tersebutlah yang menjadi kekuatan dalam mendobrak ide kekuasaan patriarkal. Apabila kita hanya menjadikan ini sebagai sebuah peringatan atas tanggal, maka perjuangan kita pun hanyalah atribut semata yang akan semakin dirancukan oleh jaring laba-laba patriarkal.

Maka, sudah saatnya kita membunuh laba-laba tersebut lewat segala tindakan dan pikiran keseharian kita. Pemberontakan dalam diri kita akan menjadi pengaruh besar bagi pemberontakan sekitar kita. Semangat 8 Maret ini adalah pemicu dan menjadi tonggak memori bagi perjuangan. Semangat ini harus selalu kita hidupkan lewat perjuangan kemanusiaan. Ibarat kupu-kupu, satu kepakan sayap memang tidak akan berpengaruh banyak, tetapi ribuan kepakan sayap kupu-kupu akan mempengaruhi hasrat dan perjuangan revolusi perempuan. Inilah waktu bagi perempuan! Inilah revolusi perempuan!

Untuk turut mendengungkan semangat momen peringatan Hari Perempuan ini, kami dengan segala kerendahan hati mengundang kawan sekalian untuk hadir pada Reboan Jaker #7 yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Rabu/17 Maret 2010
Tempat : Sekretariat Jaker
Pukul : 19.00 – 21.00 WIB
Acara : Pementasan Karya WS dan Jaker

pengisi acara:
Wadon Syndicate, Iva kasuma, upie, tiwi sinaga, sheera, lily noviani, novita tantri, ruroch louhant, dwi ayu, yanti irawan, wien christa, ulfa ilyas, sahat, tjroeng, rizal abdulhadi, aj susmana…

========================++++++++++++======================

Rangkaian Acara Perayaan 20 Tahun Program Studi Kajian Wanita (Kajian Jender), Program Pascasarjana Universitas Indonesia

Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan bahwa tema Hari Perempuan Internasional untuk tahun 2010 adalah “Equal Rights, Equal Opportunities: Progress for All”. Meski demikian sesungguhnya tiap-tiap Negara bahkan lokalitas, dapat menetapkan tema yang dianggap paling tepat bagi masing-masing.

Pada tahun 2010 ini Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) Program Pascasarjana Universitas Indonesia memasuki usia 20 tahun, dengan puncak Peringatan Ulang Tahun di bulan November 2010. Sebagai pembuka dari Rangkaian Acara Perayaan 20 Tahun Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) PPs-UI, kami bermaksud mengundang teman-teman untuk hadir dalam Diskusi Umum:

Tema     : “Perempuan dan Penghapusan Kemiskinan: Telaah Psikobudaya dan  Pembelajaran Grameen Bank”
Waktu   : Senin, 8 Maret 2010, pk. 15.30 – 18.00
Tempat : Ruang Kuliah Program Studi Kajian Wanita PPs-UI, Kampus UI Salemba
Pembahas:
1. Nani Zulminarni (penggagas dan penggiat penguatan ekonomi
perempuan melalui berbagai program dan institusionalisasi)
2. Kristi Poerwandari (Ketua Program Studi Kajian Wanita PPs-UI).

Topik di atas kami pilih mengingat isu Kemiskinan dan Penguatan Ekonomi Perempuan telah cukup banyak ditekuni oleh berbagai lembaga swadaya masyarakat tetapi sesungguhnya masih sangat sedikit memperoleh perhatian dari kalangan akademisi. Telaah konseptual berbasis lapangan dan berperspektif perempuan sangat perlu untuk terus dikembangkan agar kita memperoleh pemahaman yang utuh mengenai fenomena, dan dapat mengusulkan/mengembangkan kebijakan yang strategis untuk penguatan ekonomi perempuan dan penghapusan kemiskinan. Sebagai langkah awal, pertemuan kali ini akan membahas pembelajaran dari negara lain (Grameen Bank) dan telaah awal terkait aspek psikobudaya masyarakat miskin.

Kami akan sangat gembira bila teman-teman berkenan hadir dan berpartisipasi aktif dalam diskusi.

Terima kasih dan sampai jumpa di Hari Perempuan Internasional Senin, 8 Maret 2010!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: