Bukan hanya di awang-awang

Saya alumni Kajian Wanita Universitas Indonesia tahun 2010. Di tahun 2008, keputusan saya untuk mengambil pendidikan lanjutan tingkat Magister di Kajian Wanita Universitas Indonesia, sedikit-banyak saya akui keputusan ini ‘didorong’ oleh Saparinah Sadli. Bu Sap, demikian banyak orang memanggilnya, saya wawancarai cukup panjang dalam sebuah tugas jurnalistik 13 tahun yang lalu.

Setelah itu, lewat membaca dan mengikuti sepak terjangnya dalam tulisan di media massa. Benar dugaan saya. Mempelajari isu-isu perempuan dalam berbagai mata kuliah di Kajian Wanita, telah mencerahkan saya. Sifat perkuliahan yang sangat terapan, dan jauh dari kesan teori yang hanya di awang-awang, membuat saya semakin mantap. Inilah yang dibutuhkan untuk menjawab berbagai persoalan yang selama ini selalu jadi pertanyaan saya. Persoalan yang umumnya dianggap bukan masalah oleh orang lain (baca: laki-laki), ternyata ada jawabannya. Setiap perempuan sebagai dirinya sendiri, bukan dipengaruhi oleh orang lain, ternyata mempunyai keinginan yang sangat unik, spesifik dan berbeda satu sama lain. Lewat kajian perempuan saya yakin, kita dimungkinkan untuk meraih apapun yang kita inginkan dan mengembangkan diri kita tanpa dibatasi umur dan status pernikahan. Kita dapat mengembangkan diri, bahkan sampai kita menutup mata.

Ketika sampai pada penulisan tesis, saya pun tidak menduga bahwa pengalaman pribadi dapat dituangkan dalam sebuah penelitian tesis di Kajian Wanita. Tesis saya mengambil topik “IBUKU PENDERITA GANGGUAN JIWA: Studi Kasus Pengalaman Hidup Empat Perempuan”.

Saya menyambut antusias keberadaan Forum Alumni Pascasarjana Kajian Wanita Universitas Indonesia, sebagai sarana komunikasi, belajar dan berbagai antar sesama kita. Sukses terus ya!

Imelda Bachtiar

Tinggalkan Balasan

